page rank

Google PageRank Checker Powered by  MyPagerank.Net

Sabtu, 25 Mei 2013

Biografi Chester F. Carlson



(1906 -1968 ) - Chester F. Carlson adalah ahli fisika Amerika Serikat, penemu xerografi, ahli hukum, jutawan besar. Ia lahir di Seattle, Washington. Pada tanggal 8 Februari 1906 dan meninggal di New York City pada tanggal 19 September 1968 pada umur 62 tahun. Sejak kecil ia sudah tertarik kepada seni grafik. Pada umur 14 tahun ia harus mencari nafkah untuk dirinya sendiri dan untuk kedua orang tuanya yang cacat.
Namun ia tidak meninggalkan bangku sekolah. Pagi ia bersekolah. Habis sekolah ia bekerja di sebuah percetakan. Dengan uang tabungannya ia mampu membeli mesin cetak bekas. Kemudian ia menerbitkan majalah untuk para penggemar ilmu kimia. Ia mendapat keuntungan yang cukup lumayan hingga dapat melanjutkan ke institut, Teknologi California dan berhasil mendapatkan gelar. Ia lulus pada tahun 1930 pada umur 24 tahun. Kemudian ia bekerja pada Perusahaan Telepon Bell .

Biografi Penemu Fotocopy Elektrostatik, Chester F. Carlson


Tak lama kemudian ia pindah kerja ke perusahaan elektronik di New York. Ia mendapat kedudukan di Departemen Paten. Di sinilah ia merasa betapa sulitnya mendapat fotokopi gambar penemuan-penemuan  yang akan dipatenkan. Pada itu memang sudah ada mesin fotokopi, yang disebut fotokopi panas atau fotokopi kimia. Tapi kedua macam fotokopi itu mahal ongkosnya, kurang baik mutunya, dan tidak begitu praktis. Maka pada tahun 1934 Carlson mulai membuat mesin fotokopi jenis lain, ialah fotokopi elektrostatik. Empat tahun kemudian pembuatan fotokopi itu selesai. Tapi baru tahun 1940 ia memperoleh paten. Proses mengkopi yang kering dan elektrostatik itu kemudian disebut Xerografi. Xero artinya kering.

Kemudian ia menawarkan penemuannya kepada beberapa perusahan.Tapi tidak ada perusahan yang mau mengembangkan dan memproduksi mesin fotokopi jenis baru itu. Empat tahun lamanya Carlson berusaha keras. Selama itu ia ditolak 20 perusahaan. Pada tahun 1944 ia berhasil meyakinkan Battelle Memorial Institute, sebuah organisasi riset industri yang tidak mencari keuntungan. Organisasi itu mau mengembangkan penemuan Carlson.  Tiga tahun kemudian sebuah perusahaan kecil mau memproduksinya. Mesin fotokopi buatan Carlson laku keras. Perusahaan kecil itu kemudian bernama Xerox Corporation. Dalam waktu singkat Chester F. Carlson jadi mahajutawan. Setelah tahu bahwa mesin fotokopi buatan Carlson sangat laku, 50 perusahaan berebut minta diperbolehkan ikut memproduksinya.


0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More